Senin, 26 Juli 2010

Ospek bukan Kekerasan dan Ajang Balas Dendam


Orientasi Pengenalan Kampus atau yang lebih dikenal dengan nama OSPEK pada hakikatnya adalah dimana mahasiswa baru diberikan program pengenalan terhadap institusi pendidikan yang telah mereka pilih. Melalui OSPEK, pihak universitas berusaha memberikan gambaran tentang apa dan bagaimana nantinya mereka (mahasiswa baru) akan menjalani masa-masa perkuliahan.
Ada banyak cara yang dilakukan oleh panitia dalam memberikan pengenalan kampus. Jika kita menengok ke belakang, maka sejarah OSPEK yang nota bene adalah peninggalan zaman Orde Baru lebih identik dengan istilah-istilah negative seperti perplocoan, ajang balas dendam senior ke junior, peraturan konyol, tidak mendidik dan masih banyak lainnya.
Belajar dari kasus-kasus OSPEK yang sering menimbulkan korban dan komplain dari peserta maupun orang tua, maka pada perkembangannya kegiatan OSPEK saat ini sudah banyak yang mengalami perubahan.
Masa Taaruf (MATAF) adalah istilah yang digunakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk kegiatan semacam OSPEK ini. Metode pengenalannya adalah berbasis budaya kampus, kekeluargaan dan tentnya Islami. Semua elemen penyelenggaraan MATAF di tingkat fakultas maupun jurusan tentunya harus mengedepankan hakikat utama dari kegiatan pengenalan itu sendiri. Maka hadirlah kagiatan MATAF yang jauh dari unsur-unsur negatifseperti yang telah disebut diatas. Hal-hal yang bersifat kreatif, akrab, edukatif dan pengembangan mental kemudian menjadi unsure yang harus dikedepankan.
Aturan-aturan yang mungkin terlihat konyol dan aneh memang masih menjadi fenomena dari tahun ke tahun. Tapi kembali lagi pada hakikat program pengenalan, maka semua hal tersebut adalah tidak lain merupakan usaha dari panitia untuk memberikan sedikit bekal untuk mereka tentang bagaimana menjalani masa perkuliahan dan menjalin pertemanan yang akrab.

MATAF Jurusan Ilmu Komunikasi UMY
Hadir dengan tema “Komunikasi, Berani Unjuk Gigi”, tahun ini Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOMAKOM) UMY sebagai panitia pelaksana MATAF Jurusan Ilmu Komunikasi UMY mencoba memberikan program pengenalan yang terbaik bagi para adik-adik Mahasiswa baru.
Melalui tema diatas, selain mewadahi proses perkenalan dan pengakraban sebelum mengawali perkuliahan, kami berusaha memberi sedikit suntikan semangat untuk berkarya bagi adik-adik semua. Maksudnya, bahwa nantinya selama proses perkuliahan kita semua akan terus mengkasilkan karya-karya komunikasi dengan berbagai bentuk dan rupa.
Tapi yang sering menjadi kendala adalah “mau dibawa kemana?” karya itu setelah jadi..??. Yang sering terjadi adalah karya tinggallah karya yang akan tersimpan rapi didalam harddisk computer, tanpa ada tindak lanjut. Nah, jawaban dari pertanyaan itulah yang kami angkat sebagai tema MATAF 2010 ini. BERANI UNJUK GIGI..!!. Sikap mental yang akan selalu bangga terhadap hasil karya dan pemikiran sendiri paling tidak akan dimulai dari agenda MATAF ini.
Terkait adanya peraturan dan atribut yang mungkin terkesan aneh, tidak lain merupakan sebuah upaya kami dalam mengeksplor tema diatas untuk ditanamkan pada masing-masing mahasiswa. Berfikir kreatif dan tidak malu, saling mengakrabkan diri dan tentunya, “BERANI UNJUK GIGI”….
Salam, Panitia MATAF KOMUNIKASI UMY 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar